27 August 2007

Kembali ke Selera Asal....

Di rumah saya lagi banyak banget stock singkong. Ini lantaran Icha penasaran kepingin tau bentuk tanaman singkong. Nah...beberapa waktu lalu saya sempat pergi ke tempat tinggal Eyang Uyut Icha di Kalijati, Subang. Di kebun almarhum Eyang Uyut Icha memang banyak banget tanaman2 yang khas ditanam di kampung. Oh...iya, kami juga sempat memetik beberapa buah Matoa yang sedang lebat berbuah.

Kembali ke singkong, karena sayang ngeliat singkong yang super banyak itu sudah teronggak selama 1 minggu, hari ini saya bertekad untuk mengolah singkong-singkong itu menjadi 2 macam panganan yang berbeda rasa. Satu saya buat combro (super pedas, favorit saya!) dan Singkong ala Thai (favorit Icha dan papanya). Ternyata walaupun sudah sering menikmati beragam cake international, selera saya tidak pernah berubah. Singkong yg diolah menjadi combro dengan sambal oncom yg super pedas + cabe rawit hijau utuh di dalamnya benar-benar membuat acara minum teh sore saya lebih 'berwarna' ;>

Ini penampakan singkong yang sudah saya olah.

Combro panas yang saya nikmati dengan secangkir teh tawar panas ... slurp!

Singkong ala Thai...., murah dan mudah banget buatnya tapi kalo beli di resto Thai kenapa mahal ya...?




2 comments:

Unknown said...

Nit, combronya sgt menggoda utk dicomot deh. Sayang disini nggak ada oncom, klo nggak mah pengen juga sih buat cemilan yg satu ini.Btw, buah Matoa itu apa siy, manggis bukan ?

Anita Avianty said...

Mbak Ida, matoa itu hampir mirip dengan rambutan. Tapi ga' ada rambutnya sih... Rasanya jauh lebih manis dari rambutan. Buah ini biasanya banyak ditemukan di daerah Irian Jaya. Cuma karena dulu Eyangku pernah dinas di sana, beliau sempet membawa beberapa cangkokannya untuk ditanam di kebun.