10 September 2007

Sup Iga Seger....!

Belanja ke pasar tradisional biasanya menjadi acara rutin saya di Sabtu atau Minggu pagi. Nah, hari ini saya melihat iga sapi yang masih segar bergelantungan rapi di los tukang daging langganan saya. Mmm...pasti Icha dan Mas Pudji senang kalo saya buatkan Sup Iga Sapi untuk teman makan siang minggu ini. Kuncinya adalah memasukkan merica, sedikit pala dan kayu manis dengan takaran yang pas - ga' perlu ditambah MSG. Ditemani dengan sambal, jeruk nipis dan kerupuk/emping, kesegaran Sup Iga ini menjadi luar biasa, slurp! Mau coba? Di bawah ini saya tulis resepnya, cuma maaf kalo ukurannya rada-rada kurang pas karena biasanya kalo masak saya cukup pake feeling aja alias cemplang-cemplung. Good luck!




Sop Iga Sapi
Resep: Anita

Bahan:
500 gr Iga Sapi - cari yang rada bersih dari tetelan ya biar kaldunya lebih enak)
1500 ml air
250 gr wortel
1 buah kentang ukuran besar
1 buah tomat merah
3 siung bawang putih, memarkan
1 batang daun bawang
1 ruas jahe, memarkan - kurleb 3-4 cm panjangnya
1 batang kayu manis - sekitar 3 cm lah..
3/4 sdt lada halus - kalo suka lebih pedas, boleh ditambah koq
1/2 sdt pala halus
Garam secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis


Cara Membuat:

Rebus iga sapi dengan 1500 ml air dan jahe hingga empuk (gunakan panci tekan biar cepat). Sisihkan.
Memarkan bawang putih kemudian tumis hingga harum. Masukkan dalam rebusan iga sapi yang sudah empuk.
Masukkan kentang kemudian wortel.
Masukkan kayu manis, lada halus, pala halus dan garam (sambil diicip-icip ya, biar didapat rasa yg pas dan seger). Tunggu sampai semua sayuran matang.
Tambahkan irisan tomat dan daun bawang saat akan dihidangkan.

Pelengkap:
Jeruk nipis, sambal (dari cabe rawit merah yang direbus kemudian dihaluskan, beri sedikit kuah sop, jika suka), emping dan bawang goreng.

No comments: