03 November 2007

"Aku ga' Suka...!"


"Ayo, dik Aryo harus cepet makannya! Mbak Icha ga' suka kalo Dik Aryo plintat-plintut kaya' gituh! Semua harus ada aturannya, makan harus di tempat, ga' boleh disambi main atau nonton TV" Ha...! Saya hafal banget dengan kalimat2 itu. Lamat-lamat dari ruang tamu saya mendengar Icha mengatakan kalimat itu kepada anak dari tetangga kami. Aryo memang sering bermain di rumah kami, usianya lebih kecil dari Icha dan masih duduk di bangku TK sehingga Icha acap kali menganggap Aryo sebagai adiknya - akh...Icha memang sudah lama merindukan hadirnya seorang adik kecil untuk teman bermain di rumah.

Ga' ada yang istimewa memang dari kalimat yang diucapkan Icha kepada Aryo tadi. Yang membuatnya saya sedikit ternganga adalah, Icha mengutip kalimat itu plek dari kalimat yang sering saya sampaikan kepadanya saat dia mulai tidak fokus waktu makan atau saat dia bengong ketika berusaha menghabiskan sarapan paginya sebelum berangkat ke sekolah. Saya memang sering membaca buku dan mengikuti diskusi tentang pendidikan anak2 yg sering kali membahas bahwa sadar atau tidak sadar, prilaku orang tua akan ditiru oleh anak-anaknya. Lah... sekarang baru melihat sendiri bukti dari teori2 yg saya baca, dan setelah saya perhatikan, semakin hari Icha seringkali meniru prilaku saya dan Papanya - kaya'nya banyakan prilaku saya yg ditiru, mungkin karena kita sama2 perempuan. Memang, sampai hari ini kami masih melihat yg ditiru Icha masih dalam batasan wajar. Tapi kejadian sore ini semakin membuka mata saya dan suami untuk memperhatikan tingkah laku dan ucapan kami saat berada di depan Icha. Ah... moga2 Icha tidak mengikuti prilaku Papanya yang kadang-kadang sulit banget untuk disuruh mandi. Ha..ha...ha...

4 comments:

Idastraveling said...

hi..hi..hi...sama dunk Nit, kebiasaan suami daku juga gitu, syuseh disuruh mandi. Kalo anak kecil sdh ta' tenteng kekamar mandi deh.

Anita Avianty said...

Waks...! ternyata 'Oom Bule' juga susyah mandinya ya. Kasih tau kalo udah ketemu solusi masalah ini ya Mbak Ida. Btw, baik2 aja kan di sana?

Idastraveling said...

Alhamdulillah kita disini sehat², walopun cuaca mulai aneh, suhu mulai duingiin, byk turun hujan dan berangin.
Iya tuh Nit, padahal dulunya suami nggak begitu. Baru bbrp thn terakhir dia spt ini. Mungkin krn sdh laku kali yah, jd malez mandi. Kalo Ida protes, baru deh dia nggak malez lagi. Tp setelah bbrp lama maleznya akan kambuh lagi. Lah....masa daku hrs protes teruz siy...???

Anonymous said...

Well written article.